11 April 2008

My installed Firefox extension

Daftar add-ons yang saya install pada Mozilla Firefox saya. Mozilla Firefox semakin digandrungi karena kecepatannya dalam membuka halaman website dan juga keamanannya yang lebih baik dari Internet Explorer. Selain itu, fitur yang membuat orang-orang betah dengan Mozilla Firefox adalah kemampuannya yang bisa diinstall add-ons yang menarik.

Berikut saya berikan review add-ons Mozilla Firefox yang saya install.

1. ChatZilla
chatzilla-iconSebelumnya saya sudah sempat berikan sedikit ulasan tentang ChatZilla. Untuk lebih lengkapnya bisa lihat review saya sebelumnya tentang chatting di IRC. Saya review secara singkat saja disini. ChatZilla digunakan untuk melakukan chatting di IRC room. Kalau kalian tahu mIRC fungsinya sama seperti itu.

ChatZilla
screenshot ChatZilla

2. FasterFox
icon-fasterfox Rasanya hampir semua pengguna Mozilla Firefox install extension yang satu ini. Yup, fungsinya untuk mempercepat loading halaman web. Extension yang simple tapi sangat berguna. Dengan Fasterfox, berapa lama halaman web dapat ditampilkan secara utuh bisa dilihat pada status bar bagian kanan.

fasterfox 
fasterfox pada statusbar

3. FireFTP
fireFTP-icon FireFTP fungsinya adalah sebagai FTP client untuk upload file ke server FTP. Extension ini sangat berguna bagi saya karena memudahkan upload file ke FTP server tanpa harus membuka jendela baru. Cukup dengan hanya membuka FireFTP pada tab baru. Namun tetap FireFTP bisa dibuka pada jendela baru dengan merubah options.

fireFTP-screnshot 
screenshot fireFTP

4. Minimize to tray
extension-mozilla Extension yang satu ini berguna untuk menampilkan Mozilla Firefox pada system tray daripada di taskbar. Btw, saya memang tidak suka kalau ada window yang bikin taskbar penuh. Untung ada extension ini, jadinya bisa dipindah ke system tray. Extension ini juga bisa diinstall pada Mozilla Thunderbird.

5. FireShot
fireshot-icon Nah, extension yang satu ini yang selama ini saya cari-cari. Fungsinya buat apa sih ? Fungsinya adalah mem-foto/meng-capture keseluruhan halaman web menjadi sebuah gambar. Jika perlu bisa dibuka otomatis pada program editor gambar seperti Adobe Photoshop. Setelah extension ini diinstal, maka kalian dapat mengaksesnya pada bagian kanan-atas browser.

FireShot ini sangat berguna bagi saya karena dengan ini saya bisa meng-capture halaman web yang memiliki design yang bagus sebagai bahan inspirasi.

6. MetaProducts Integration
metaproducts-icon Extension yang satu ini berguna untuk mengintegrasikan produk-produk dari Metaproduct ke dalam Mozilla Firefox. Disini saya meng-integrasikan MassDownloader. MassDownloader sendiri gunanya adalah sebagai download manager. Setelah MassDownloader diintegrasikan dengan Mozilla Firefox, maka jika ada link yang menuju file .zip atau file-file yang perlu didownload, maka cukup dengan meng-klik kanan link tersebut dan pilih menu MassDownloader -> Download this file.

7. Mime Edit
mime-edit-icon Extension yang satu ini jarang saya pakai. Tapi cukup penting untuk mengatur bagaimana dan dengan apa sebuah Mime Type nantinya di-handle.

8. AVG Safe Search & AVG Security Toolbar
avg-icon Extension yang satu ini ter-install secara otomatis saat anda install AVG versi 8.0 ( tentunya dengan men-centangi opsi utk menginstall extension ini). Fungsinya sangat berguna untuk keperluan browsing saya. Sebagai contoh saat saya searching Crack/Serial Number aplikasi di situs Google, maka secara otomatis AVG akan mengidentifikasi situs mana yang aman untuk dikunjungi.

Jaman sekarang ini file-file berbahaya juga bisa terdapat pada halaman situs lho. Jadi tetap waspada.

Akan tetapi, dengan adanya extension ini, kegiatan browsing saya jadi sedikit terganggu. Sebab, saat akan mengunjungi suatu situs, maka AVG akan melakukan scan terlebih dahulu ke link yang kita tuju, apakah aman untuk dikunjungi atau tidak. Walaupun prosesnya hanya sepersekian detik, tapi dengan adanya jeda tersebut membuat sedikit ketidaknyamanan pada kegiatan browsing saya.

bagi yang speed internya pas-pasan, mending dipertimbangkan lagi untuk menginstall extension ini.

9.Web Developer
webdeveloper-icon Extension ini sangat saya suka. Sangat Suka. Bagi para web designer atau web developer sebaiknya install extension ini. Sebab banyak yang bisa dilakukan dengan adanya Web Developer.

Fungsi yang paling saya suka disini adalah kita bisa melihat kode CSS dari sebuah situs dengan hanya satu klik. Kita juga bisa meng-identifikasi apa saja element-element halaman web tersebut, identifikasi selector suatu element, dan masih banyak lagi. Perlu tersendiri untuk membahas Web developer ini. Tapi sebaiknya install saja extension ini.

No comments:

Post a Comment

Thanks udah mau komentar. Jgn lupa http:// nya kalau memasukkan alamat web/blog.