04 April 2008

Apple Safari browser

Baru saja kemarin saya install browser Apple Safari Beta 3.0 versi Windows. Pendapat saya tentang Safari bagus banget. Tunggu sapai ada versi rilisnya maka Safari akan segera menjadi default browser saya. Safari sepertinya benar-benar bisa menjadi browser yang memiliki perpaduan kemampuan Internet Explorer dengan Firefox.

Yang keren dari safari:

Tampilan aplikasi Safari benar-benar sesuai harapan saya. Desain berwarna abu-abu bergaya besi. Yang paling saya sukai disini adalah. Font Smoothing-nya. Yup, font smoothing di Safari menurut saya jauh lebih baik daripada di Internet Explorer. Coba saja kalian lihat huruf-huruf di browser Safari. Benar-benar mulus. Di firefox tidak ada font smoothing, tapi saya belum coba versi 3.0-nya karena nanti takut skin,themes,add-ons Firefox untuk versi 2.0 hilang kalau saya upgrade ke versi 3.0. Coba juga lihat apabila kalian mengisi sebuah form (misal saja sewaktu kirim message di Friendster). Saat kalian focus di textbox subject messagenya, maka textbox tersebut akan dikelilingi warna biru yang menandakan textbox tersebut sedang ter-fokus. Hal ini membantu sekali karena terkadang saya salah mengetikkan sesuatu tidak pada tempatnya. Desain textbox, tombol, combo-boxnya, dan lain-lain benar-benar sama dengan yang ada di Mac. Hal tersebut juga yang membuat saya senang dengan tampilannya.

Soal membuka halaman web, Safari tergolong sangat cepat. Entah karena koneksi StarOne saya kebetulan cepat atau kenapa, tapi sewaktu membuka Friendster dan Facebook terasa sangat cepat. Sampai saya tidak sadar halamannya telah terbuka, karena biasanya di firefox, saat saya akan membuka halaman facebook dan friendster saya selingi dengan membuka Microsoft Outlook.

Loading aplikasi saat start-up juga cepat. Jauh lebih cepat dari Firefox dan sedikit lebih cepat dari Internet Explorer. Itu yang bikin saya untuk menjadikannya default browser segera setelah versi rilisnya keluar.

Yang mengganjal di hati:

Namun ada beberapa hal yang terasa mengganjal di hati saya. Saat membuka link terkadang dibuka pada tab baru, terkadang pada jendela baru. Memang hal tersebut bisa disetting, tapi tidak ada settingan supaya setiap kita melakukan klik pada link yang "target=_blank" supaya dibuka pada tab baru. Yang ada hanya kita harus melakukan CTRL+Click untuk membuka pada tab baru atau jendela baru. Mudah-mudahan hal tersebut nanti diperbaiki. Saya mau usul ke Applenya Cuma bingung lewat mana.

Hal kedua yang mengganjal di hati adalah saya seperti merasakan DeJaVu dengan Internet Explorer. Saat loading halaman google-maps, kemudian pindah tab ke halaman friendster, terus pindah tab lagi ke halaman google-maps, sebagian halaman friendster (iklan di kiri kananya yang iTalentStar itu) terlihat di halaman google-maps. Hal ini sering saya alami sewaktu menggunakan Internet Explorer, sekarang terasa lagi di Safari. Mudah-mudahan di versi rilis nanti hal tersebut juga hilang.

Save halamannya. Entah kenapa tidak ada Save as webpage. Adanya Cuma save sebagai file HTML biasa. Jadi gimana saya mau simpan halaman yang ada gambarnya ? terpaksa deh print ke PDF. Hal ini juga yang sangat mengganggu.

Kemudian ada beberapa keanehan (klo tidak bisa dibilang bug). Coba saja dilakukan klik pada judul jendela Safari. Terkadang style safarinya berubah menjadi style windows biasa (pada tombol minimize, maximize, dan close). Yah namanya juga versi beta.

Kesimpulan:

Kesimpulannya saya suka banget dengan browser safari.Selain karena saya suka sekali dengan desain dan font smoothing yang membuat mata nyaman, saya sekarang bisa melakukan test aplikasi web pada Safari juga. Kalau dulu kan Cuma pada IE, FF, dan Opera saja.

1 comment:

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/software/apple_safari_browser/

    ReplyDelete

Thanks udah mau komentar. Jgn lupa http:// nya kalau memasukkan alamat web/blog.