04 April 2008

Akhirnya bisa mencoba Windows Live Writer

Sepertinya memang kemarin koneksi internetnya yang bermasalah. Makanya saya tidak bisa install Windows Live Writer. Saat ini saya sudah install Windows Live Writer (WLW). Dan menurut saya, aplikasi blogging ini sangat bagus.

Tampilan
WLW-screeenshot1-small Tampilannya sangat bagus. Vista style. Dari semua offline blogging tool yang saya coba (cuman pernah coba w.bloggar, Ms Office 2007, dan WLW :D ) rasanya Windows Live Messanger-lah yang terbaik tampilannya. Di bagian kiri WLW ada beberapa info yang bisa diakses, seperti: daftar Weblog kita, daftar posting, dan menambahkan Hyperlink, Picture, Table, Map, Tag, Video. Keren ya? Iya dong. Walaupun saya jarang suka program-program Microsoft tapi untuk yang satu ini saya suka sekali. Karena bisa menjadi solusi offline blogging saya.

Pada bagian bawah terdapat combobox untuk memberikan kategori pada posting kita. Bloggspot/Blogger juga bisa diisikan kategori lho. Kemudian ada bagian untuk mengatur tanggal publish posting kita (wow bisa diset juga ya).

Pada bagian atasnya, starndarlah. Ada toolbar dan menu. Menunya juga stardar, cuma yang beda disini ada Weblognya, selebihnya sama, ada Insert, Format, Table, Tools, dll.

Fitur
Fitur yang ada di WLW ini sangat menarik. Kita bisa memasukkan gambar, tabel, peta, tag, dan video. Tulisan yang diketik bold itu merupakan fitur yang menarik.

Kita bisa menambahkan peta ke posting kita. Jangan khawatir, peta indonesia juga terlihat kok dengan lumayan jelas. WLW menggunakan Microsoft Virtual Earth. saya baru saja tau ada Ms Virtual Earth.

Kemudian kita juga bisa menambahkan tag dari berbagai penyedia tag/social bookmarking seperti technorati, del.icio.us, Flickr, LiveJournal, dll. Kalian bisa tentukan sendiri pengaturan tagnya.

Terus video, kita juga bisa menambahkan video. Menarik ya ? saya aja baru kepikiran untuk menaruk video di posting :D.

Ada yang unik menurut saya pada bagian check spellingnya. Kata kita akan terlihat bold bila kita salah spelling-nya. Akhirnya saya matikan fitur ini karena tidak perlu.

Kita bisa berpindah-pindah view. Bisa Web Layout (mengedit serasa di blog), Normal (edit normal), Web preview (lihat deh di paragraph berikutnya) dan HTML view. Karena ada HTML view, kita juga bisa menambahkan kode-kode yang sesuai dengan keinginan kita.

Dan yang paling hebat adalah ... kita bisa preview seperti apa posting kita nantinya setelah di publish, secara offline. Hebat nggak tuh ? Jadi kita itu bisa liat sampai blog kita, bukan cuman tampilan postingnya saja.

Terus yang paling menyenangkan bagi saya adalah, bisa menambahkan kategori pada postingan. Hehehe, ini yang selama ini saya cari dan tidak saya temukan pada w.bloggar dan Office Word 2007. Kita juga bisa menambahkan kategori lho.

Kemampuan Aplikasi
Kemampuan aplikasi WLW ini bagus. Kode HTML yang dihasilkan tergolong bersih dari tag-tag karangan Microsoft. Kalau posting via Office Word 2007 pasti ada tag yang aneh-aneh kan. Jadi sulit mengeditnya di kemudian hari.

Aplikasi ini juga ringan. Tidak ada loading yang tidak perlu seperi Internet Explorer. Loading hanya terjadi pada saat kita set-up blog, saat menampilkan peta, pokoknya yang berhubungan dengan koneksi internet.

Akhir kata
Tidak sabar rasanya untuk segera mem-publish tulisan ini. Btw, saya nulis ini pake Window Live Writer lho. Hehehe .. hehehe ... hehehe ...

Dicoba ya

No comments:

Post a Comment

Thanks udah mau komentar. Jgn lupa http:// nya kalau memasukkan alamat web/blog.